Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama
Kegiatan ekstrakurikuler atau yang biasa disebut ekskul adalah kegiatan pelajaran tambahan yang diberikan oleh sekolah kepada seluruh muridnya atau kegiatan yang dilakukan siswa di luar jam belajar sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang wajib hanya ada tiga  :
1. Praja Muda Karana (Pramuka)                                                                      2. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)                                                                      3. Palang Merah Remaja (PMR).
Masing-masing ekskul itu memberikan pelajaran yang cukup bermanfaat  seperti contohnya Paskibra yang memberikan pelajaran Baris-Berbaris yang benar, Pramuka yang memberikan pelajaran tentang alam dan lain-lain (biasanya pelajarannya cukup banyak),dan PMR contohnya memberikan bagaimana cara membuat tandu dan lain-lain.
Setiap kegiatan ekstrakurikuler yang wajib tersebut memiliki pelajaran  yang berbeda-beda.
Ada lagi ekstrakurikuler yang tidak wajib diikuti oleh para siswa/siswi. Seperti :
- Bulu Tangkis                                                                              - Basket                                                - Futsal                                                           - Taekwondo                                                             - Paduan Suara (Padus)                                                          - Marawis atau hadroh                                                               - Salitilawah                                                                            - dan lain-lain.
Jadi, setiap kegiatan ekstrakurikuler memiliki pelajaran-pelajaran yang bermanfaat walaupun tidak semuanya mencakup ke pelajaran sekolah. Kegiatan ekskul juga bisa membanggakan sekolah melalui lomba-lomba yang diadakan di tempat atau sekolah lain  yang mengadakan lomba, dan ekskul juga  bisa mencari bakat yang terpendam dari diri kita masing-masing. Maka kita sebagai siswa  harus memiliki sebuah ilmu atau pelajaran yang


bisa didapatkan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kelak dewasa nanti  bisa bermanfaat bagi orang lain, masyarakat dan Negara. Impian itu bisa tercapai jika dari sekarang kita sudah rajin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
Manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah :
- Banyak teman, jadi kita bisa berkenalan dengan banyak orang yang belum kita kenal.
- Menjadi lebih aktif.
- Mendapatkan ilmu lebih, jadi kita mendapatkan ilmu lebih daripada yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
- Berprestasi. Hal ini bisa dicapai dengan usaha melalui lomba-lomba yang bisa kita ikuti. Biasanya diseleksi dulu oleh Pembina,maka dari itu kita harus rajin dan usaha agar terpilih.
- Untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat yang sudah kita miliki.
- dan lain-lain
Dalam menjalankan kegiatan ekstrakurikuler kita harus memliki sikap, seperti berikut ini :
- Rajin, artinya kita harus selalu hadir/masuk  kegiatan ekstrakurikuler setiap kegiatan itu diadakan.
- Sopan, selalu menjaga tingkah laku di kegiatan ekstrakurikuler.
- Bertanggung Jawab, jika diberi kepercayaan, contohnya seperti kita menjadi Ketua Paskibra kita harus memiliki sikap bertanggung jawab.
- Tepat waktu, jadi sikap ini harus ada agar kita tidak tertinggal ilmu yang diajarkan oleh Pembina atau Kakak kelas.
Itulah kegiatan ekstrakurikuler untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama. J








0 Response to " "