Pancasila (literasi buku)



Judul                             : Pancasila
Nama pengarang            : Prof. Darji Darmodiharjo, S.H.
Penerbit                        : Balai pustaka
Tahun terbit                   : 1997
Rangkuman                        :
Pancasila adalah Dasar Negara Indonesia yang terdiri atas 5 (lima) sila dan tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV. Di era reformasi, pancasila dianggap sebagai keinginan untuk kembali ke kejayaan masa Orde Baru. Sebagian orang memandang sinis terhadap pancasila sebagai sesuatu yang salah . Namun, sebagai sebuah ideologi dan dasar filsafat negara, pancasila layak untuk dikaji kembali relevansinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Kesepakatan bangsa telah menetapkan bahwa Pancasila yang terdiri atas lima sila itu merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945. Kesepakatan itu dinyatakan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI sebagai lembaga pembentuk negara saat itu.
Melalui perjalanan panjang negara Indonesia sejak merdeka hingga saat ini, Pancasila ikut berproses pada kehidupan bangsa Indonesia. pancasila tetap sebagai dasar negara namun interpretasi dan perluasan maknanya temyata digunakan untuk kepentingan kekuasaan yang silih berganti. Pasal 1 ketetapan tersebut menyatakan bahwa Pancasila sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara.
                Berdasarkan pemikiran filsafati, Pancasila sebagai filsafat pada hakikatnya merupakan suatu nilai (Kaelan; 2000). Rumusan Pancasila sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea IV  adalah sebagai berikut.

§  Ketuhanan Yang Maha Esa
§  Kemanusiaan yang adil dan beradab
§  Persatuan Indonesia
§  Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permuswaratan/perwakilan
§  Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Kelima sila dari Pancasila pada hakikatnya adalah suatu nilai. Nilai-nilai yang merupakan perasan dari sila-sila pancasila tersebut adalah

1) NilaiKetuhanan;
2) Nilai Kemanusiaan;
3) Nilai Persatuan;
4) Nilai Kerakyatan;
5) Nilai Keadilan.

Pancasila diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


0 Response to "Pancasila (literasi buku)"