Dialog, Drama Perlawanan Untung Surapati/Suropati

Perlawanan Untung Surapati

                Setelah beberapa lama tinggal di Cirebon Untung Surapati pergi ke Mataram untuk bersekutu dengan  Sultan Amangkurat II di Kartasura.
Untung Surapati               : “Izinkan aku bersekutu denganmu untuk mengalahkan VOC!”
Amangkurat II                 : “Aku akan bersekutu denganmu, tetapi dengan syarat kamu harus memadamkan pemberontakan yang sedang berkobar di Banyumas”
Untung Surapati               : “Baiklah akan saya lakukan untuk melawan VOC.”

                Tanpa berpikir panjang Untung Surapati menerima persyaratan itu. la bersama pasukannya segera  berangkat ke Banyumas dan berhasil memadamkan pemberontakan.Sementara itu, VOC mengutus Kapten Tack dan pasukannya untuk menangkap Untung Suropati.
VOC                         : “Hei Kapten, singkirkanlah semua orang yang memberontak di Kesultanan Mataram.”
Kapten Tack                         : “Bagaimana cara aku menyingkirkannya?”
VOC                                    : “Bunuh saja semua yang menghalangimu.”
Kapten Tack                         : “Siap!. Aku tidak akan segan membunuh mereka semua.”

                Pada suatu hari, seorang mata-mata datang memberitahu Amangkurat II bahwa Pasukan Belanda sedang menuju ke Kerajaan.”
Amangkurat II             : "Hai, Untung Suropati! Pimpinlah pasukanmu untuk menghadang Kompeni Belanda!"
Untung Surapati                    : “Baik,kanjeng”

                Untung Surapati berangkat ke pertempuran. Saat di pertempuran ia bertemu dan dibantu oleh  Pangeran Puger.
Kapten Tack                        : “Aku akan menghabisimu Untung Surapati”
Pangeran Puger                    : “Baik kesinilah, aku akan menghabisi pasukanmu”

                Karena  Untung Surapati dan Pangeran Puger mengenakan pakain yang mirip. Kapten tack tidak mengiri bahwa yang dihadapinya ternyata Pangeran Puger. Pangeran Puger pun berhasil menghabisi nyawa Kapten Tack.
Amangkurat II               : “Terima kasih Untung Surapati, berkat kau seluruh anak buah VOC  yang menekan Kesultanan Mataram dapat dikalahkan.”
Untung Surapati                     : “Tentu Sultan, aku pun puas atas hilangya VOC di Kesultanan Mataram ini.”
Amangkurat II                   : “Sebagai balas kasih atas perjuanganmu, maka jadilah bupati di Pasuruan dengan gelar Adipati Wiranegara.”
Untung Surapati                     : “Baiklah, terima kasih Sultan.”

                Beberapa tahun kemudian Sultan Amangkurat II jatuh sakit dan meninggal.
Amangkurat II                 : “Sungguh, sebentar lagi aku meninggalkan tahtaku, Anakku. Jadilah penggantiku untuk terus menjaga Kesultanan Mataram.”
Amangkurat III                 : “Tentu, Ayah. Aku akan berbakti dan menjaga kepada Kesultanan Mataram ini.”
Amangkurat II                  : “dead”

                Sultan Amangkurat III pun menggantikan ayahnya dan menjadi sultan penerus Sultan Amangkurat II. Ia bersekutu dengan Untung Surapati untuk menjaga Kesultanan. Namun, paman dari Sultan Amangkurat III yaitu Pangeran Puger menginginkan tahta kerajaan tersebut dan berusaha dengan cara bersekutu dengan VOC.
Pangeran Puger        : “Hei VOC, bantulah aku maka akan kuberi imbalan.”
VOC                       : “Apa yang sebenarnya ingin kau sampaikan?”
Pangeran Puger        : “Aku ingin tahta kesultanan mataram, bantulah aku melawan keponakanku dan Untung Surapati.”
VOC                         : “Tergantung imbalan yang kau berikan Pangeran Puger”
Pangeran Puger          : “Aku akan memberikan sebagian wilayah kekuasaan Mataram.”
VOC                         : *menimbang-nimbang dan berfikir*
Pangeran Puger          : “Bagaimana?”
VOC                         : “Tenang saja, kau akan menjadi Sultan di Mataram dengan gelar Sultan Pakubuwono I.”

                Setelah itu, dimulailah perperangan antara Pangeran Puger & VOC melawan Untung Surapati & Sultan Amangkurat III. Namun, sayangnya VOC berhasil melumpuhkan kekuasaan Untung Surapati di Kartasura.
selesai





1 Response to "Dialog, Drama Perlawanan Untung Surapati/Suropati "